Jumat, 02 Maret 2018 11:05

Penutupan Diklat Prajabatan CPNS K1/K2 Golongan III dan Golongan II Angkatan II Tahun 2018

Yogyakarta – Badan Pendidikan dan Pelatihan Daerah Istimewa Yogyakarta (Badan Diklat DIY) melaksanakan acara penutupan Diklat Prajabatan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) K1/K2 Golongan III dan Golongan II Angkatan II Tahun 2018 pada hari Jumat, 2 Maret 2018 di Kampus Badan Diklat DIY, Gunungsempu, Tamantirto, Kasihan, Bantul.

Acara penutupan diklat dihadiri oleh Asisten Administrasi Umum Sekretaris Daerah DIY, Ibu Dra. Kristiana Swasti, M.Si., dan para tamu undangan dari instansi pengirim.

Diklat Prajabatan K1/K2 Golongan III dan Golongan II Angkatan II Tahun 2018 diikuti oleh 40 orang peserta dari lingkungan Daerah Istimewa Yogyakarta yang berasal dari:

1.       Pemerintah Kabupaten Sleman DIY: 7 orang

2.       Pemerintah Kabupaten Bantul DIY: 6 orang

3.       Pemerintah Kabupaten Gunungkidul DIY: 10 orang

4.       Pemerintah Kabupaten Kulon Progo DIY: 9 orang

5.       Pemerintah Kota Cimahi Jawa Barat: 8 orang

Untuk evaluasi, seperti yang disampaikan dalam laporan penyelenggaraan oleh Kepala Bidang Pengajaran, Bapak Drs. Sukasdi, MM, dilakukan dengan ujian pemahaman yang disampaikan melalui ujian tulis dengan rincian bobot:

1.       Wawasan Kebangsaan dalam Kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia: 20%

2.       Percepatan Pemberantasan Korupsi: 30%

3.       Manajemen Aparatur Sipil Negara (ASN): 10%

4.       Pola Pikir Pegawai Negeri Sipil (PNS) sebagai Pelayan Masyarakat: 40%

Sesuai pedoman perhitungan tersebut, peserta Diklat Prajabatan K1/K2 Golongan III dan Golongan II Angkatan II Tahun 2018 40 orang dinyatakan lulus semua dengan kualifikasi Memuaskan sebanyak 10 orang, Cukup Memuaskan sebanyak 25 orang, dan Kurang Memuaskan sebanyak 5 orang.

Lima (5) peringkat terbaik Diklat Prajabatan K1/K2 Golongan III dan Golongan II Angkatan II Tahun 2018 sebagai berikut:

  1. I Made Pika Adiwijaya, S.T.P., dari Unit Pelaksana Teknis Balai Penyuluh Pertanian, pangan dan Perikanan Wilayah VIII Dinas Pertanian, Peternakan, dan Perkebunan Kabupaten Sleman
  2. Restu Adriyati, A.Md.Keb dari Unit Pelaksana Teknis Daerah Puskesmas Nanggulan Dinas Kesehatan Kabupaten Kulon Progo
  3. Wahyu Pratiwi, A.Md.Keb dari Unit Pelaksana Teknis Daerah Puskesmas Sentolo I Dinas Kesehatan Kabupaten Kulon Progo
  4. Titin Dwijayanti, A.Md.Keb dari Unit Pelaksana Teknis Daerah Puskesmas Panjatan II Dinas Kesehatan Kabupaten Kulon Progo
  5. Kartika Wulandari, A.Md.Keb dari Unit Pelaksana Teknis Daerah Puskesmas Paliyan Dinas Kesehatan Kabupaten Gunungkidu

Kepada seluruh peserta Diklat Prajabatan CPNS K1/K2 Golongan III dan Golongan II Angkatan II Tahun 2018, Ibu Kristiana Swasti mengucapkan selamat atas keberhasilannya mengikuti kegiatan diklat dari awal hingga berakhir dengan sebanyak 40 orang yang dinyatakan lulus semua.

Ibu Kristiana Swasti mengingatkan kepada seluruh peserta, bahwa menjadi PNS bukan berarti penuh dengan kenyamanan melainkan mengemban misi sebagai abdi negara juga sebagai abdi masyarakat, khususnya di bidang tugas-tugas pemerintahan umum dan pembangunan.

Oleh karena itu, semangat belajar yang telah dibangun selama mengikuti kegiatan diklat hendaknya dipelihara dan semakin ditingkatkan. “Semangat belajar sudah terbukti dalam mengatasi persoalan-persoalan yang dihadapi selama diklat berlangsung, tentu juga tantangan yang muncul pada saat kembali ke instansi masing-masing, dapat dihadapi juga,” tutur Ibu Kristiana Swasti.

Beliau berpesan kepada seluruh peserta agar dapat mengubah kinerja maupun citra PNS  menjadi lebih baik di mata masyarakat dengan menunjukkan sikap profesional dan karakter PNS sebagai ujung tombak penyelenggaraan pemerintahan dan pelayan bagi masyarakat.

 

(Tim Peliput)

Telah dibaca 263 kali
Login to post comments

Terbaru

4174152
Hari Ini
Kemarin
Bulan Ini
Bulan Lalu
34
1263
15682
42652

IP Anda: 52.91.185.49