Selasa, 03 Oktober 2017 11:37

Intensifikasi Budidaya Gurami Melalui Teknologi Kolam Central Drain di Kabupaten Kulon Progo

Judul di atas adalah proyek perubahan dari peserta Diklat Kepemimpinan Tingkat IV Angkatan II Tahun 2017 yaitu Bapak Raden Wakhid Purwosubiyantara STP, MM dari Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Kulon Progo.

Ikan Gurami merupakan jenis ikan air tawar yang telah banyak dibudidayakan masyarakat pembudidaya ikan. Gurami juga merupakan komoditi yang mempunyai nilai jual relative lebih mahal dan harga jual yang stabil bila dibandingkan dengan ikan konsumsi dari kegiatan budidaya perikanan lainnya. Keluhan klasik dalam usaha budidaya gurami adalah pertumbuhan lambat, produktivitas rendah, serangan penyakit dan berbagai kendala lainnya. Seiring dengan perkembangan teknologi budidaya gurami, masih tingginya kebutuhan pasar tentang gurami konsumsi, namun angka produksi budidaya gurami di Kabupaten Kulon Progo dari tahun ke tahun mengalami penurunan, maka diperlukan suatu kegiatan perubahan dalam usaha budidaya gurami di Kabupaten Kulon Progo yaitu dengan kegiatan Intensifikasi Budidaya Gurami melalui teknologi kolam Central Drain.

Intensifikasi Budidaya Gurami melalui Teknologi Kolam Central Drain di Kabupaten Kulon Progo adalah suatu langkah teknik budidaya ikan gurami di kolam yang dilakukan secara intensif namun mudah dalam menjalankan budidayanya, efektif dan efisien dalam budidayanya karena mampu budidaya ikan gurami dengan padat tebar tinggi, sehingga produksi gurami akan meningkat. Selain itu Intensifikasi Budidaya Gurami melalui Teknologi Kolam Central Drain ini dapat dikembangkan dimana saja tidak hanya di daerah yang bersumber air tinggi, namun juga dapat dilaksanakan di daerah yang terbatas airnya. Teknologi Kolam Central Drain ini sebenarnya sangat sederhana hanya dengan merubah dasar kolam menjadi cekung terpusat ditengahnya dibuat kotak kecil, kemudian ditengah kotak tersebut terdapat lobang yang terhubung dengan paralon diluar kolam dipasang paralon sebagai pengatur air. Walaupun teknologi kolam ini dapat dikatakan sangat sederhana, namun dengan teknologi kolam Central Drain terbukti mampu mengurangi serangan penyakit pada budidaya gurami, karena terjaganya kualitas air kolam.

Kegiatan Intensifikasi Gurami Melalui Teknologi Kolam Central Drain dikembangkan dengan berbagai cara yaitu antara lain melalui Sekolah Lapang dan Kunjungan Lapangan di Daerah Sentra Budidaya Gurami. Sehingga pembudidaya gurami di Kabupaten Kulon Progo secara cepat dapat menyerap ilmu pengetahuan dan ketrampilan berbudidaya gurami melalui teknologi kolam Central Drain. Selain itu teknologi kolam Central Drain perlu dibarengi dengan penerapan aplikasi fermentasi jantu ( pohon pisang klutuk) sebagai penangkal alami serangan penyakit pada budidaya perikanan.

Intensifikasi Budidaya Gurami melalui Teknologi Kolam Central Drain diuji coba oleh Kelompok Pembudidaya Ikan di Kecamatan Girimulyo, Kecamatan Kalibawang dan Kecamatan Pengasih, namun masih dalam tahap budidaya karena panen gurami konsumsi pada usia 10 – 12 bulan. Diharapkan hasil produksi akan terpantau 1 tahun kemudian.

Milestone jangka pendek yang dilaksanakan antara lain:

  1. Koordinasi Area Perubahan
  2. Pembentukan Tim Intensifikasi Budidaya Gurami Kabupaten Kulon Progo
  3. Penyusunan Panduan / Buku Saku Intensifikasi Budidaya Gurami Melalui Teknologi Kolam Central Drain
  4. Pembuatan Gambar Perencanaan dan Rencana Anggaran Biaya
  5. Peningkatan Kapasitas Sumber Daya Manusia
  6. Pembuatan Kolam Intensifikasi Budidaya Gurami
  7. Melalui Teknologi Kolam Central Drain
  8. Monitoring Evaluasi dan Pelaporan (Executive Summary
Telah dibaca 1078 kali

Tuliskan komentar/pertanyaan

Silahkan isikan komentar dan/atau pertanyaan Anda disini

3 komentar

  • Link Komentar Diklat DIY Senin, 08 April 2019 11:09 ditulis oleh Diklat DIY

    @Sumardi Badan Diklat DIY hanyak melaksanakan diklat yg berkaitan dg ketugasan aparatur

  • Link Komentar Sumardi Selasa, 02 April 2019 12:05 ditulis oleh Sumardi

    kalau ada pelatihan budidaya gurame dengan central drain sangat bagus!

  • Link Komentar Sumardi Selasa, 02 April 2019 12:05 ditulis oleh Sumardi

    kalau ada pelatihan budidaya gurame dengan central drain sangat bagus!

Terbaru

4629728
Hari Ini
Kemarin
Bulan Ini
Bulan Lalu
0
35728
2439

IP Anda: 35.175.191.168