Selasa, 05 September 2017 15:04

e-SURe Menuju Jogja Tanpa Kumuh

Proyek perubahan dari peserta Diklat Kepemimpinan Tingkat IV Angkatan I Tahun 2017 yaitu Ibu Yunita Rahmi Hapsari dari Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Permukiman Kota Yogyakarta.

Adapun judul lengkap Proyek perubahan yaitu "e-SURe Menuju Jogja Tanpa Kumuh (Slum Upgrading Reports Menuju Jogja Tanpa Kumuh) Sebuah Sistem Informasi Manajemen Penanganan Permukiman Kumuh di Kota Yogyakarta".

Inovasi proyek perubahan ini adalah Pembuatan sistem informasi manajemen yang berisi informasi dan data penanganan permukiman kumuh di Kota Yogyakarta dari tahun ke tahun. Sistem informasi ini diharapkan akan menjadi sarana edukasi kepada masyarakat luas mengenai penanganan permukiman kumuh di Kota Yogyakarta serta sebagai sarana inventarisasi data penanganan permukiman kumuh oleh stakeholder terkait. Dengan demikian pelaksanaan peningkatan kualitas permukiman kumuh di Kota Yogyakarta akan terukur, dimana gap antara target dan pelaksanaan dapat terlihat.

Permasalahan yang dihadapi oleh Seksi Penataan Bangunan dan Lingkungan dalam penanganan permukiman kumuh adalah belum adanya satu data penanganan permukiman kumuh yang berkelanjutan serta update yang dapat digunakan dalam perencanaan dan pengukuran pencapaian target serta sebagai sarana evaluasi dalam penanganan permukiman kumuh. Untuk itu inovasi yang dilaksanakan adalah mewujudkan sistem informasi manajemen penanganan permukiman kumuh yang mudah diupdate dan diakses oleh stakeholder yang menangani permukiman kumuh dan masyarakat.

Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam jangka pendek adalah:

  1. Tersedianya data dasar permukiman kumuh dan data penanganan permukiman kumuh yang berkelanjutan
  2. Terbangunnya sistem informasi database kawasan kumuh (offline)
  3. Terciptanya sinergitas data penyelenggaraan penanganan permukiman kumuh dari masing-masing stakholder

Sedangkan milestone yang dilaksanakan antara lain

Milestone 1. Koordinasi Area Perubahan.
Milestone 2. Penyusunan rencana dan jadwal kerja Pendataan Penanganan Permukiman Kumuh
Milestone 3. Pembuatan Sistem Informas
Milestone 4. Penyusunan SK Tim
Milestone 5. Penyusunan Rumusan Substansi Sistem Informasi
Milestone 6. Inventarisir Data Penanganan Permukiman Kumuh
Milestone 7. Uji coba/ Demo Sistem Informasi
Milestone 8. Pelatihan Sistem Informasi
Milestone 9. Evaluasi dan Pelaporan Kegiatan Proyek Perubahan

KESIMPULAN

  1. Seluruh tahapan pada jangka pendek yang direncanakan dalam proyek perubahan ini telah terlaksana dengan baik dan beberapa tahapan pada jangka menengah telah dapat dilaksanakan meskipun dalam pelaksanaannya terdapat beberapa kendala dan hambatan;
  2. Kerjasama dan koordinasi antar pemangku kepentingan baik pemerintah di tingkat pusat, provinsi maupun kota serta Koordinastor Kota KOTAKU selaku pendamping masyarakat sangat dibutuhkan dalam pendataan penanganan permukiman kumuh. Keakuratan data sangat bergantung pada data dan informasi yang diberikan perwakilan dari masing-masing stakeholder tersebut sebagai anggota tim
  3. Terwujudnya satu data penanganan permukiman kumuh tidak lepas dari komitmen pengambil kebijakan dan pengampu kepentingan lain untuk mewujudkan e-SURe sebagai acuan dalam penanganan permukiman kumuh.
  4. Diterbitkannya Peraturan Walikota Nomor 39 Tahun 2017 merupakan bentuk dukungan dan komitmen Pemerintah Kota Yogyakarta untuk menjadikan e-SURe Menuju Jogja Tanpa Kumuh sebagai satu data dasar dan satu data penanganan permukiman kumuh di Kota Yogyakarta.

REKOMENDASI

  1. Pada saat ini Sistem Informasi e-SURe Menuju Jogja Tanpa Kumuh telah dapat diakses secara online melalui esure.jogjakota.go.id. Namun supaya sistem dapat bekerja secara optimal diperlukan penambahan kapasitas server pada Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian yang dipergunakan untuk sistem informasi tersebut.
  2. Setelah berhasil melaksanakan kegiatan pada jangka pendek dan menghasilkan capaian yaitu terwujudnya Sistem Informasi Penanganan Permukiman Kumuh eSURe Menuju Jogja Tanpa Kumuh, diharapkan Sistem Informasi tersebut akan ditindak lanjuti oleh stakeholder terkait sehingga Sinergitas Penanganan Permukiman Kumuh baik dalam hal Program, Kegiatan maupun data dapat terus berjalan dan semakin baik.
  3. Perlu dilakukan Monitoring dan Evaluasi secara berkala terhadap sistem informasi untuk diketahui kinerjanya. Dari hasil monitoring evaluasi ini akan dilakukan penyempurnaan terhadap sistem sehingga sistem dapat menjadi tumpuan dalam mengukur penanganan permukiman kumuh di Kota Yogyakarta
Telah dibaca 1057 kali

Tuliskan komentar/pertanyaan

Silahkan isikan komentar dan/atau pertanyaan Anda disini

Terbaru

4629728
Hari Ini
Kemarin
Bulan Ini
Bulan Lalu
0
35728
2439

IP Anda: 35.175.191.168