Jumat, 09 Desember 2016 08:37

LAPORAN AKTUALISASI NILAI-NILAI DASAR PROFESI PNS PENDIDIKAN DAN PELATIHAN PRAJABATAN GOLONGAN III DI SMK N 2 WONOSARI

Oleh :

Arif Yunianto, S.Pd

No. Absen: 04 / Angk. XVIII / 2015

 

Pendahuluan

Nilai nilai Akuntabilitas, Nasionalisme, Etika Publik, Komitmen Mutu, dan Anti korupsi (ANEKA) merupakan nilai-nilai dasar profesi PNS yang perlu diterapkan dan dimaknai dalam setiap kegiatan yang dilakukan PNS sesuai dengan Tugas Pokok dan Fungsi (Tupoksi) nya. Oleh karena itu dalam diklat pra Jabatan yang wajib diikuti setiap CPNS diberikan materi yang berkaitan dengan ANEKA untuk selanjutnya dilakukan dan dimaknai dalam kegiatan aktualisasi yang dilakukan pada tahap kedua di instansi masing-masing. Diharapkan setelah selesai rangkaian diklat pra jabatan, setiap PNS dapat melaksanakan tugas dengan dilandasi nilai-nilai ANEKA.

         Dalam tahap aktualisasi, setiap CPNS wajib merencanakan setiap kegiatan yang akan dilaksanakan, dalam bentuk rancangan kegiatan aktualisasi. Dalam menyusun rancangan kegiatan tersebut setiap peserta diklat harus meminta persetujuan dan melakukan konsultasi dengan mentor yang merupakan atasan langsung peserta diklat.

 

Agenda Aktualisasi

1.      Mengembangkan  silabus pembelajaran mata pelajaran Teknik Pengelasan Las Busur Manual.

2.      Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) mata Pelajaran Las Busur Manual.

3.      Melaksanakan kegiatan Pembelajan Siswa Cerdas Istimewa dan Bakat Istimewa (CIBI).

4.      Menyusun alat ukur/soal mata pelajaran Teknik Pengelasan Las Busur Manual:

5.      Penyusunan laporan nilai hasil belajar siswa pada mata pelajaran teknik pengelasan las busur manual

6.      Menjadi proktor Ujian Akhir Semester dengan sistem Computer Based Test (CBT):

7.      Membuat alat peraga pendidikan model instalasi peralatan Las Busur Manual

8.      Membuat modul mata pelajaran Teknik Pengelasan Las Busur Manual

 

Analisis Dampak

Seorang Pegawai Negeri Sipil (PNS) guru apabila melaksanakan tugas sesuai tupoksinya dengan tidak mengamalkan nilai-nilai dasar profesi PNS maka pekerjaan yang dilakukannya tidak akan berjalan optimal. Untuk pembahasan ini penulis akan menjabarkan dampak pada masing-masin nilaiprofesi PNS apabila tidak dilaksanakan sebagai berikut:

1.      Akuntabilitas

Akuntabilitas merupakan sisi-sisi sikap dan watak kehidupan manusia yang meliputi akuntabilitas internal dan eksternal seseorang. Dari sisi internal seseorang akuntabilitas merupakan pertanggungjawaban orang tersebut kepada Tuhan-nya. Sedangkan akuntabilitas eksternal seseorang adalah akuntabilitas orang tersebut kepada lingkungannya baik lingkungan formal (atasan-bawahan) maupun lingkungan masyarakat.

Apabila nilai akuntabilitas tidak dilaksanakan dengan baik maka sebagai seorang guru (sesuai tupoksi penulis) akan melaksanakan tugasnya dengan rasa malas dan tidak bertanggung jawab sehingga dapat merugikan siswa, instansi dan pada akhirnya akan mengurangi rasa kepercayaan masyarakan dan mengembangkan stigma negatif tentang guru.

2.      Nasionalisme

Nasionalisme adalah suatu paham atau ajaran untuk mencintai bangsa dan negara atas kesadaran keanggotaan/warganegara yang secara potensial bersama-sama mencapai, mempertahankan,  dan mengabdikan  identitas, integritas, kemakmuran dan kekuatan bangsanya. Nasionalisme merupakan suatu paham yang mengutamakan persatuan dan kebebasan bangsa. Nasionalisme memuat beberapa prinsip yaitu: kesatuan,kebebasan, kesamaan, kepribadian, dan prestasi.

Nasionalisme erat hubungannya dengan rasa cinta terhadap tanah air dan bangsanya, dimana dalam bertindak mencerminkan kepentingan negara diatas kepentingan pribadi atau golongan. Dalam hal ini posisi guru adalah sebagai salah satu ujung tombak pembentukan generasi penerus bangsa. Sehingga guru harus memberikan contoh dan tauladan sehingga dapat membentuk karakter siswa untuk mencintai tanah air.

Apabila dalam menjalan tugasnya guru tidak mengindahkan nilai nasionalisme maka pembentukan karakter pada siswa melaluai keteladanan dari seorang guru maka sikap nasionalisme pada siswa akan mulai luntur, sehingga karakter dari generasi muda tidak lagi mencerminkan nilai nasionalisme.

3.      Etika Publik

Etika pelayanan publik merupakan suatu cara dalam melayani publik dengan menggunakan kebiasaan -kebiasaan yang mengandung nilai-nilai hidup dan hukum atau norma yang mengatur tingkah  laku manusia yang dianggap baik.

Refleksi tentang standar atau norma yang menentukan baik atau buruk, benar atau salah perilaku, tindakan dan keputusan untuk mengarahkan kebijakan publik dalam rangka menjalankan tanggung jawab pelayanan publik. Seorang PNS diikat oleh kode etik yang harus dipatuhi sebagai konsekuensi pelaksanaan etika publik.

Apabila nilai etika publik tidak dapat dilaksanakan maka akan ada rasa ketidakpercayaan dari masyarakat terhadap PNS. Masyarakat tidak akan mempercayakan anak-anaknya untuk bersekolah di sekolah yang memiliki guru-guru yang tidak memiliki etika publik yang baik.

4.      Komitmen Mutu

Salah satu wujud aktualisasi dari komitmen mutu adalah budaya kerja yang unggul dan pelayanan prima. Budaya kerja unggul dapat tercermin dan tingkat efektif dan efisien seorang guru dalam bekerja, baik dalam menggunakan fasilitas, metode, biaya dan waktu pada saat melaksanakan tugasnya. Seorang guru juga harus memiliki pemikiran imajinatif dan kreatif yang akan melahirkaninovasi-inovasi baru dalam bekerja.

Apabila budaya kerja unggul tidak dilaksanakan maka dalam melaksnakan pekerjaan akan cenderung lambat, malas, dan tidak ada inovasi-inovasi baru, padahal perkembangan ilmu pengetahuan semakin pesat. Jika seorang guru tidak mampu berbudaya kerja unggul maka dunia pendidikan akan tertinggal kemajuan zaman.

5.      Anti Korupsi

Korupsi merupakan perbuatan yang bertentangan dengan kaidah-kaidah umum yang berlaku di masyarakat. Korupsi di Indonesia telah dianggap sebagai kejahatan luar biasa. Melihat realita tersebut timbul public   judgement bahwa korupsi adalah manisfestasi budaya bangsa. Telah banyak usaha yang dilakukan untuk memberantas korupsi. Namun sampai saat ini hasilnya masih tetap belum sesuai dengan harapan masyarakat.

Seorang Pegawai Negeri Sipil (PNS) guru apabila melaksanakan tugassesuai tupoksinya dengan tidak mengamalkan nilai-nilai dasar profesi PNS Anti Korupsi maka pekerjaan yang dilakukannya tidak akan berjalan optimal. Contohnya adalah pada kegiatan melaksanakan proses KBM, apabila tidak dilaksanakan dengan disiplin,maka alokasi waktu yang disediakan tidak akan dapat termanfaatkan secara maksima. Jika terlalu cepat selesai maka akan merugikan peserta didik namun jika terlalu lama maka akan merugikan guru yang lain karena jamnya terpotong.

 

Kesimpulan

           Pelaksanaan kegiatan aktualisasi merupakan salah satu dari tahapan kegiatan diklat prajabatan yang penulis ikuti. Dalam tahap aktualisasi penulis melakukan implementasi atau kegiatan riil dari rancangan yang telah disusun pada tahap on class.

           Dalam pelaksanaan aktualisasi, mentor melakukan bimbingan terhadap peserta diklat dalam hal ini penulis agar setiap rancangan dapat terlaksana dengan baik.

           Proses aktualisasi nilai-nilai dasar PNS melatih kami untuk dapat melaksanakan tugas sesuai tupoksi dengan dilandasi nilai-nilai Akuntabilitas, Nasionalisme, Etika Publik, Komitmen Mutu, dan Anti Korupsi. Diharapkan setelah selesai mengikuti rangkaian diklat prajab setiap PNS dapat terus konsisten memaknai nilai-nilai dasar ANEKA sehingga setiap tugas yang dibebankan kepadanya dapat dilaksanakan secara optimal.

         Profesi guru sebagai PNS dituntut untuk bekerja secara profesional sehingga menghasilkan pelayanan yang berkualitas kepada masyarakat dalam hal ini adalah peserta didik, orang tua/wali, komite sekolah dan masyarakat umum. Ditanamkannya nilai-nilai ANEKA merupakan hal yang sangat penting demi pelayanan prima kepada masyarakat, khususnya di SMKN 2 WONOSARI, diharapkan pemaknaan nilai-nilai dasar ASN dapat dilakukan secara konsisten.

Telah dibaca 8153 kali

Tuliskan komentar/pertanyaan

Silahkan isikan komentar dan/atau pertanyaan Anda disini

2 komentar

  • Link Komentar Diklat DIY Kamis, 15 Agustus 2019 15:15 ditulis oleh Diklat DIY

    @Ratnawati Ramba laporan aktualisasi yang ada setingka SMA

  • Link Komentar Ratnawati Ramba Rabu, 14 Agustus 2019 15:55 ditulis oleh Ratnawati Ramba

    Adakah contoh laporan aktualisasi instansi SMP

Terbaru

4743925
Hari Ini
Kemarin
Bulan Ini
Bulan Lalu
1529
2895
81960
82185

IP Anda: 34.237.76.91