Selasa, 21 Juni 2016 16:32

LAPORAN AKTUALISASI NILAI-NILAI DASAR PROFESI PNS BERBAGAI DOKTER UMUM DI UPTD PUSKESMAS GIRIMULYO II KAB KULON PROGO

Oleh:

dr. Dyah Kurniawati
10/ Diklat Prajab / Reg / III / II / 2016

 

Pendahuluan

Aparatur Sipil Negara (ASN) adalah profesi bagi pegawai negeri dan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja yang bekerja pada instansi pemerintah. Sebagai bagian dari Aparatur Sipil Negara (ASN), Pegawai Negeri Sipil (PNS) memiliki 3 fungsi dan tugas pokok yaitu, pelaksana kebijakan publik, pelayan publik, perekat bangsa. Berdasarkan fungsi dan tugas pokok tersebut maka PNS harus mampu memberi keputusan-keputusan strategis mulai dari memformulasi kebijakan sampai penetapannya dalam berbagai sektor pembangunan secara efektif dan efisien.

PNS di bidang kesehatan sekarang menjadi sorotan publik dikarenakan beberapa hal yang terlihat oleh masyarakat terutama tentang kualitas pelayanan yang kurang memuaskan. Banyaknya masalah yang timbul diakibatkan kurangnya dan turunnya kesadaran dan kepedulian PNS dalam melaksanakan tugas dan fungsinya.

Di era globalisasi, masyarakat semakin kritis terhadap segala aspek, termasuk terhadap mutu pelayanan kesehatan yang berkualitas. Sejalan dengan peningkatan pengetahuan dan teknologi, kebutuhan dan tuntutan masyarakat terhadap mutu pelayanan kesehatan semakin meningkat. Baik pelayanan yang bersifat preventif, promotif, kuratif, maupun rehabilitatif. Hal ini menunjukkan bahwa pandangan masyarakat terhadap kesehatan telah semakin meningkat terutama pada kesehatan umum masyarakat yang mana hal tersebut berdampak pada tercapainya derajat kesehatan yang optimal. Maka dari itu perlu pelayanan kesehatan yang tepat, cepat, dan akurat di Puskesmas dengan berdasarkan nilai-nilai dasar Akuntabilitas, Nasionalisme, Etika Publik, Komitmen Mutu, dan Anti Korupsi (ANEKA). Untuk mencapai tujuan ini, maka dibutuhkan PNS di bidang kesehatan yang profesional.

Sesuai dengan peraturan pemerintahan nomor 101 Tahun 2000 tentang pendidikan pelatihan jabatan pegawai negeri sipil (PNS), ditetapkan bahwa salah satu jenis diklat yang strategis untuk mewujudkan PNS sebagai bagian dari ASN menjadi Profesional adalah Diklat Prajabatan. Diklat ini dilaksanakan dalam rangka membentuk nilai – nilai dasar profesi PNS. Diklat prajabatan pola baru dilaksanakan dengan sistem internalisasi nilai-nilai dasar profesi PNS yang diakronimkan dengan ANEKA kemudian dituangkan dalam suatu dokumen pembelajaran yang disebut Laporan aktualisasi nilai dasar sebagai pedoman dalam melaksanakan kegiatan aktualisasi pada instansi tempat bekerja.

 

Agenda Aktualisasi

1.    Melakukan pelayanan medik umum rawat jalan tingkat pertama

2.    Melakukan pemeliharaan kesehatan anak

3.    Menguji kesehatan individu

4.    Membuat catatan medik rawat jalan

5.    Melakukan tindakan kegawat daruratan sederhana

6.    Melakukan kunjungan (visite) kepada pasien rawat inap

7.    Membuat catatan medic rawat inap

 

Analisa Dampak

Apabila nilai-nilai dasar profesi PNS tidak dilaksanakan, maka pelayanan kesehatan di Puskesmas Mergangsan tidak akan berjalan baik. Adapun uraiannya secara rinci sebagai berikut:

Melakukan pelayanan medik umum rawat jalan tingkat pertama.

Sub kegiatan:

a.       Memimpin unit kerja pelayanan pemeriksaan umum dan menerima konsultasi dari unit lain baik UKP ataupun UKM

Nilai Dasar Profesi

1.      Akuntabilitas : Kepemimpinan, Responsibilitas, Kerjasama

Apabila PNS tidak menjalankan nilai-nilai dasar di atas, maka kepercayaan sesama karyawan tidak tercipta, sehingga akan mempengaruhi pelayanan terhadap pasien.

b.      Menerima pasien dengan ramah

Nilai Dasar Profesi

1.      Etika Publik:Melayani dengan sikap hormat, sopan, dan tanpa tekanan

2.      Komitmen Mutu:Kualitas mutu

Apabila PNS tidak menjalankan nilai-nilai dasar di atas, maka pelayanan kesehatan primer di puskesmas akan mengalami hambatan, diantaranya pasien akan merasa tidak disambut dengan baik sehingga pasien enggan untuk kembali ke puskesmas.

c.       Melakukan anamnesis meliputi keluhan utama, serta kronologis keluhan dan riwayat penyakit pasien.

Nilai dasar profesi

1.      Akuntabilitas: Konsisten, Profesional

2.      Nasionalisme:Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia

3.      Etika Publik: Menjaga rahasia, Menghargai komunikasi, konsultasi dan kerjasama

4.      Komitmen mutu:Efektif, Kualitas mutu

Apabila PNS tidak menjalankan nilai-nilai dasar di atas, maka pelayanan kesehatan primer di puskesmas akan mengalami hambatan, diantaranya dari komunikasi yang tidak efektif dan tidak toleransi akan menimbulkan kesalah pahaman yang akan berdampak kepada informasi yang diberikan dan didapat tidak optimal.

d.      Melakukan pemeriksaan fisikyang meliputi pemeriksaan fisik, yang dilanjutkan dengan pemeriksaan penunjang apabila diperlukan.

Nilai dasar profesi

1.      Akuntabilitas:Responsibilitas, Profesional

2.      Nasionalisme:Kemanusiaan yang adil dan beradab

3.      Etika Publik:Melayani dengan sikap hormat, sopan, dan tanpa tekanan

4.      Komitmen mutu:Kualitas mutu

Apabila PNS tidak menjalankan nilai-nilai dasar di atas, maka pelayanan kesehatan primer di puskesmas akan mengalami hambatan, diantaranya pemeriksaan fisik yang dilakukan dengan tidak sopan akan menimbulkan perasaan takut yang berdampak kepada keengganan pasien untuk dilakukan pemeriksaan.

e.       Pemberian edukasi dan resep sesuai dengan SOP

Nilai dasar profesi

1.      Akuntabilitas:Profesional, Kepercayaan

2.      Etika Publik:Memberikan layanan kepada publik secara jujur, tanggap, cepat, tepat, akurat, berdaya guna, berhasil guna dan santun

3.      Anti Korupsi : Jujur

Apabila PNS tidak menjalankan nilai-nilai dasar di atas, maka pelayanan kesehatan primer di puskesmas akan mengalami hambatan, diantaranya terapi yang tidak jujur dan tidak efektif akan menimbulkan kerugian terhadap pasien yang berdampak kepada kualitas pelayanan yang tidak optimal.

 

Kesimpulan

Menjadi Pegawai Negri Sipil yang profesional tidak hanya membutuhkan kompetensi yang sesuai dengan tugas tetapi harus bisa menanamkan nilai-nilai dasar Akuntabilitas, Nasionalisme, Etika publik, Komitmen Mutu, dan Anti Korupsi ( ANEKA ),  sehingga bisa menghasilkan output yang berkualitas dan dapat membantu mencapai visi dan misi organisasi.

Dengan Aktualisasi nilai-nilai dasar ANEKA pada semua kegiatan yang telah dilaksanakan sangat membantu dalam mencapai visi, misi organisasi, serta meningkatkan kualitas pelayanan terhadap masyarakat di Puskesmas Girimulyo II

Telah dibaca 6042 kali

Tuliskan komentar/pertanyaan

Silahkan isikan komentar dan/atau pertanyaan Anda disini

1 comment

  • Link Komentar Putra Jumat, 06 September 2019 19:44 ditulis oleh Putra

    Artikel yang bagus

Terbaru

4743850
Hari Ini
Kemarin
Bulan Ini
Bulan Lalu
1454
2895
81885
82185

IP Anda: 34.237.76.91