Print halaman ini
Jumat, 26 Agustus 2016 11:05

Pojok Inovasi: Aplikasi E-Disiplin

Salah satu inovasi proyek perubahan peserta Diklat Kepemimpinan Tingkat IV dari BKD Kabupaten Gunungkidul yang mengambil judul : Aplikasi E-Disiplin Sebagai Sarana Pembinaan PNS di lingkungan Pemerintah Kabupaten Gunungkidul.

Proyek perubahan tersebut merupakan inovasi dari peserta Diklat PIM IV Angkatan 1 Tahun 2016 atas nama SUNAWAN, SH dari Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Gunungkidul.

Deskripsi Singkat:
E-Disiplin merupakan sistem aplikasi berbasis teknologi informasi dengan menyediakan menu Pengaduan, Regulasi, Data Saya, Presensi dan Kegiatan Harian, Lihat Pengaduan, Ganti Passward, Log Out, dan Database Hukdis yang dapat dijadikan sarana dalam melakukan pembinaan disiplin PNS di lingkungan Pemerintah Kabupaten Gunungkidul.

Pembinaan disiplin PNS merupakan upaya untuk mengarahkan PNS untuk selalu menaati kewajiban dan menghindari larangan sebagaimana dimaksud dalam Peraturan Pemerintah Nomor 53 Tahun 2010 tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil.

Milestone:

  1. Pembuatan sistem aplikasi E-Disiplin.
  2. Sosialisasi aplikasi E-Disiplin.
  3. Pemanfaatan aplikasi E-Disiplin

Latar Belakang:
Pegawai Negeri Sipil (PNS) sebagai aparatur pemerintah bekerja melayani masyarakat, melaksanakan tugas-tugas negara dan digaji negara berdasarkan dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat PNS dituntut untuk melakukan pelayanan secara profesional sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya masing-masing. Selain itu PNS juga dituntut untuk selalu menjunjung tinggi nilai-nilai integritas seperti : kejujuran, tanggung jawab dan kedisiplinan.

Peraturan Pemerintah Nomor 53 Tahun 2010 tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil digunakan sebagai dasar dalam menegakkan disiplin PNS, didalamnya mengatur tentang kewajiban (Pasal 3) dan larangan bagi PNS (Pasal 4), jenis hukuman disiplin (Pasal 7) serta pejabat yang berwenang memberikan hukuman disiplin (Pasal 15). Dengan peraturan tersebut PNS sebagai aparatur negara, abdi negara dan pelayan masyarakat dalam menjalankan tugas dan tanggungjawabnya harus menjunjung tinggi kedisiplinan sehingga tujuan negara mewujudkan masyarakat yang adil dan makmur dapat tercapai.

Kedisiplinan merupakan salah satu aspek yang sangat diperlukan dalam sebuah proses kegiatan organisasi terutama instansi pemerintah. Menurut Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN) Pasal 86 bahwa instansi pemerintah wajib melaksanakan penegakan disiplin terhadap Pegawai Negeri Sipil (PNS) serta melaksanakan berbagai upaya peningkatan disiplin. Menanamkan sifat disiplin pada masing-masing PNS serta mewujudkan budaya disiplin pada lingkungan kerja bukanlah sesuatu yang mudah karena hal tersebut menyangkut sikap mental yang telah terbentuk dalam waktu yang cukup lama. Namun demikian disiplin PNS harus diciptakan dan harus ditegakkan di lingkungan kerja dengan berbagai upaya melalui dari memberi keteladan oleh pimpinan, melakukan sosialisasi dan yang tidak kalah pentingnya melakukan terobosan baru dalam menegakkan disiplin PNS yaitu dengan kreasi dan inovasi.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), disiplin adalah ketaatan atau kepatuhan terhadap peraturan. Ketaatan berarti kesediaan hati secara tulus untuk menepati setiap peraturan yang dibuat dan disepakati bersama. Perilaku disiplin merupakan tindakan nyata atau perbuatan yang timbul sebagai akibat adanya kesadaran kepatuhan pada diri seseorang. Setiap PNS diharapkan mempunyai kesadaran untuk menaati peraturan yang ada dalam organisasi, sehingga setiap tugas/pekerjaan yang diembannya dapat dilaksanakan dengan penuh tanggunng jawab dengan hasil yang maksimal.

Tujuan:

  1. Terwujudnya peningkatan disiplin PNS di Kabupaten Gunungkidul
  2. Meningkatnya kinerja PNS di Kabupaten Gunungkidul
  3. Sistem aplikasi ini dapat dijadikan dasar dalam menerapkan reward bagi PNS.

Manfaat:

  1. Terpantaunya kehadiran PNS di Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Gunungkidul dalam mentaati ketentuan jam kerja
  2. Tersedia penjagaan/alat kontrol berakhirnya penjatuhan hukuman disiplin dan mempermudah pencarian data apabila sewaktu-waktu dibutuhkan.
  3. Adanya kontrol dari masyarakat apabila ada PNS di Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Gunungkidul yang melakukan pelanggaran Disiplin
  4. Adanya pemahaman dan kesadaran PNS dalam melaksanakan Peraturan Pemerintah Nomor 53 Tahun 2010 tentang Disiplin PNS di Badan Kepegawaian
  5. Diterapkannya reward and punishment bagi PNS secara proporsional.

 

Telah dibaca 4556 kali

4 komentar

  • Link Komentar Diklat DIY Senin, 06 Mei 2019 08:26 ditulis oleh Diklat DIY

    @Lamijan mohon maaf kami tidak memiliki kontak ybs, terima kasih

  • Link Komentar Lamijan Sabtu, 27 April 2019 19:32 ditulis oleh Lamijan

    Salam kenal, Saya Lamijan dari BKD Kab.Grobogan..
    1. Boleh bertanya Pak Erwan, panjenengan bertugas di instansi mana ?
    2. Boleh meminta nomor kontak panjenengan ?
    2. Boleh mengadobsi proper panjenengan yang kebetulan saya juga bertugas di Bidang Pembinaan Pegawai pada BKD
    Kab.Grobogan?

  • Link Komentar Diklat DIY Minggu, 04 September 2016 20:12 ditulis oleh Diklat DIY

    @Pak Erwan, aplikasi tsb tidak dijual karena merupakan inovasi dari salah satu peserta diklat dan sekarang dimanfaatkan oleh BKD Kabupaten Gunungkidul.

  • Link Komentar Erwan rahman Sabtu, 03 September 2016 13:18 ditulis oleh Erwan rahman

    Aplikasi yg nantinya ditanam di pc ini dijual bebas atau gmn gan?