Print halaman ini
Rabu, 23 Januari 2019 10:59

Peran Perpustakaan Dalam Meningkatkan Kwalitas Pendidikan

Perpustakaan merupakan lembaga yang bergerak dalam bidang dokumentasi dan informasi. Perkembangan zaman yang semakin cepat disertai perkembangan teknologi yang canggih membuat perpustakaan dituntut untuk lebih memancarkan sinarnya.

Perkembangan perpustakaan dari tahun ke tahun sudah menunjukkan kemajuan seiring dengan perkembangan teknologi. Teknologi yang semakin canggih menuntut perpustakaan untuk lebih maju, sekarang banyak perpustakaan yang sudah berkembang kearah digital library. Ini menunjukkan kemajuan yang pesat, tetapi alangkah baiknya kemajuan teknologi yang canggih harus disertai sumberdaya manusia yang profesional sesuai bidangnya.

Sarana dan prasarana yang memadai akan menunjang terbentuknya pendidikan yang berkwalitas, sehingga dengan pendidikan berkwalitas mampu menuju kesejahteraan rakyat Indonesia. Pendidikan yang berkwalitas melahirkan generasi yang tangguh dan mempunyai intelektualitas yang tinggi disertai dengan aklaq yang baik. Generasi yang berkwalitas akan mampu membawa negeri ini kearah yang lebih baik.

Perkembangan perpustakaan di Indonesia khususnya masih sangat lambat dibanding dengan luar negeri. Kebanyakan orang masih menganggap remeh bahkan menganaktirikan perpustakan. Pada umumnya orang beranggapan bahwa perpustakaan hanyalah kumpulan buku yang penuh dengan debu dan pembuangan pegawai yang tidak produktif. Paradigma ini harus diubah seiring dengan arus informasi yang berkembang pesat. Pemerintah harus lebih proaktif dan terus berupaya untuk mewujudkan pendidikan berkwalitas melalui perpustakaan.

Perkembangan era globalisasi ini informasi sangatlah memegang peranan penting dalam kehidupan. Teknologi yang serba canggih menuntut para pemakai informasi mampu mengikuti sesuai perkembangan yang ada. Perpustakaan sebagai lembaga yang bergerak dalam bidang informasi harus mampu menyesuaikan dan mampu menyediakan bagi para pemakainya. Penyediaan bahan informasi baik berupa buku maupun non buku. Informasi yang berupa buku misalnya, ensiklopedi, buku non fiksi, fiksi, directory, maupun kamus. Sedangkan bahan informasi yang non buku misalnya, mikrofis, film, CD- room, kaset. Kemajuan teknologi yang ada sekarang ini dapat dijadikan sebagai suatu koleksi non buku yaitu fasilitas internet. Fasilitas internet ini sangatlah mempermudah para pencari informasi. Dengan internet seseorang bisa berwisata ke ujung dunia sekalipun.

Perpustakaan yang didukung dengan fasilitas internet mampu menjadi daya tarik begi perpustakaan tersebut. Ini juga membuat pengunjung tidak tertinggal dalam perkembangan informasi yang ada. Penyediaan koleksi buku juga diperlukan dalam penyediaan informasi, dalam pengadaannya pun harus sesuai dengan kebutuhan dan selera para pemakai perpustakaan tersebut. Suatu perpustakaan dikatakan berhasil apabila dilihat dari jumlah pengunjung, jumlah koleksi, maupun jumlah koleksi yang dipinjam.

Perpustakaan yang mampu menjadi sarana belajar akan memiliki daya guna yang tinggi, sehingga mampu berperan dalam proses pendidikan. Jadikanlah perpustakaan menjadi jantung pendidikan di tersebut. Sehingga dari peran perpustakaan tersebut akan menghasilkan generasi dan sumber daya manusia.

Telah dibaca 665 kali

1 comment

  • Link Komentar Indras  LAN  Handayanie. BDY PKN  BPK  Jogyakarta Senin, 29 April 2019 09:24 ditulis oleh Indras LAN Handayanie. BDY PKN BPK Jogyakarta

    SINISME PEGAWAI TIDAK PRODUKTIP. Alangkah kurang pada tempatnya ungkapan tersebut. PNS sekarang berbeda dengan PNS ERA ORBA maupun ERA REPORMASI.... Saat ini PNS sudah masuk pada ERA E - PNS artinya produktivitas itu terkait dengan penggunaan elektronik, walaupun masih ada pekerjaan yang bersifat manual. Seperti perpustakaan masih menggunakan metode gabungan antara pengelolaan buku manual maupun pengelolaan E Book melalui Internet. Nah oleh karena perlu kajian dan telahaan tentang produktivitas PNS di era Teknologi saat ini. Semoga Badan Diklat bisa memberi masukan dari hasil kajiannya ke entitas yang berwenang seperti MEN PAN RB maupun DEPNAKER TRANS bersama Lembaga ADMINISTRASI Negara tentunya. Demikian semoga bermanfaat bagi kita semua. Selamat menyambut bulan Suci 2019,. Mohon Maaf lahir ba - tien.